Berita

Bahas Kemitraan Strategis Terkait Mafia Tanah, BPI KPNPA RI Audensi dengan Kabareskrim Polri

Rizky Afandi
14/04/2021, 23:22 WIB
Last Updated 2021-04-21T11:51:42Z
JAKARTA
- Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia ( BPI KPNPA RI ) Melakukan kunjungan kerja ke gedung Bareskrim Polri guna membahas program kemitraan Strategis dan isu-isu yang berkembang di seluruh wilayah negara kesatuan Republik Indonesia pada Rabu ( 14/04/2021 ).

Pada pertemuan tersebut Pejabat Utama DPN BPI KPNPA RI yang hadir diwakilkan oleh Ketua Umum Drs. TB Rahmad Sukendar SH, S.sos, Wakil ketua Roslan Sianipar, SH dan sekjen Misradi, SH.

Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto sendiri didampingi oleh Dir Tipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi.

Dalam pertemuan yang hangat itu, Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto menyampaikan hubungan baik dan komunikasi dengan ketum BPI KPNPA RI sudah terjalin semenjak dirinya Menjabat sebagai kapolres.

"Saya mewakili Bareskrim Polri mengucapkan terima kasih atas kehadiran ketua umum dan jajaran pengurus utama BPI KPNPA RI guna membahas persolan terkait mafia tanah ,tipikor, pidum dan penyalahgunaan kewenangan penyidik daerah maupun pusat yang merupakan menjadi attensi Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo " Ucapnya

Kabareskrim Polri berharap kemitraan dengan BPI KPNPA RI bisa terjalin dengan baik dalam pemahaman hukum, pengawasan internal, pemberian informasi dan data yang berhubungan dengan kinerja Kepolisian di lapangan, sudah saatnya BPI KPNPA RI sebagai Mitra Polri memberikan masukkan kepada Menkopolhukam terkait program presisi Kapolri.

Sebelumnya BPI KPNPA RI sudah terjalin synergitas dengan Baharkam, Baintelkam, Irwasum sejak lama maka pada kesempatan dengan Bareskrim sudah saat nya terjalin komunikasi yang baik agar sumbatan-sumbatan terkait hambatan penyidikan , arogansi, penyalahgunaan kewenangan di jajaran Reskrim dapat disampaikan kepada Bareskrim Polri sehingga masyarakat yang mengadukan permasalahan hukum kepada BPI KPNPA RI dapat terakomodir dan mendapatkan kepastian hukum.

Mantan Kapolda Sumut itu berpesan untuk disampaikan ke Menkopolhukam untuk dapat segera membentuk pengadilan Adhock.

"Saya titip pesan pak ketum untuk disampaikan kepada Menkopolhukam terkait segera dibentuk nya Pengadilan Adhock Pertanahan Nasional yang nantinya semua persoalan hukum terkait, kasus Perdata, Pidana, TUN yang menyangkut pertanahan dapat di selesaikan dalam satu pengadilan Adhock", ucapnya.

Ketum BPI KPNPA RI Drs. Tubagus Rahmad Sukendar, SH, S.sos menyampaikan ucapan terima kasih telah diterima dengan baik Oleh Kabareskrim polri Komjen Pol Agus Andrianto.

Saya ucapkan terima kasih kepada Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto. Kami siap mendukung program-program Bareskrim Polri dan siap menjadi pengawas independen baik di internal maupun di eksternal kedepannya, sinergitas kemitraan BPI KPNPA RI dengan Polri sudah terjalin lama

"Seperti lamanya hubungan persahabatan saya dengan Pak Kabareskrim sejak menjabat Kapolres dulu", ujarnya.

Yang pasti kami akan mengingatkan para penyidik untuk tidak hanya berpihak pada pelapor, namun juga apabila kebenaran ada pada terlapor ya harus dapat dibuktikan juga sebaliknya. Jangan sampai ada Masyarakat terdhzolimi hingga merasa dikriminalisasi.

"Saya cuma menyampaikan agar jangan dugaan perdata lalu dibuat dipaksakan menjadi dugaan pidana. Ini tidak baik untuk penegakan supremasi hukum kita. Dan saya yakin Pak Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto mempunyai reputasi yang baik dalam bidang reserse maka beliau dipercaya mendapatkan jabatan strategis tersebut", pungkasnya.

BPI KPNPA RI memastikan akan menjadi garda terdepan dan mendukung penuh Komjen Pol Agus Andrianto dalam menuntaskan Program-programnya memimpin Bareskrim Polri

"Saya yakin Bahwa dibawah kepemimpinan Komjen Pol Agus Andrianto Bareskrim Polri akan semakin humanis dekat dan dicintai masyarakat", tutupnya.

TrendingMore